Senin, 17 Januari 2011

Tips Mengatasi Sakit Maag



Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Penyebabnya bisa karena penderita makannya tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengkonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengkonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.
Berikut ini cara mengatasi sakit maag:
1. Dianjurkan untuk makan secara teratur. Jangan langsung “mengisi” lambung dengan banyak makanan-minuman dalam waktu yang singkat.
2. Sering-sering makan namun dalam porsi kecil, boleh berupa camilan (makanan ringan), atau minum susu. Ini akan melatih lambung untuk menormalkan sekresi asam lambung.
3. Bila sewaktu-waktu merasa lapar, sebaiknya segera makan biskuit atau minum susu.
Semua jenis susu (termasuk susu kefir) sangat baik bagi penderita maag karena bersifat alkali (basa), sehingga dapat menetralkan asam lambung. Susu cair maupun susu bubuk, sama baiknya. . 
4. Bila menderita maag sangat dianjurkan untuk mengonsumsi: kacang kedelai, susu kedelai, jus apel, jus lidah buaya. Jus lidah buaya (aloe vera) dapat dikonsumsi kapan saja (sebelum atau sesudah makan).
5. Buah pisang, pepaya, dan pir aman untuk penderita maag.
6. Bengkoang juga berdampak bagus bagi lambung, asal dikunyah sampai halus.
7. Buah yang ada rasa asam-nya, kurang dianjurkan untuk penderita maag.
8. Kue yang lembut dan TIDAK merangsang (hindari kue yang beraroma atau rasa durian, nanas, nangka) boleh dikonsumsi penderita maag.
9. Madu baik dikonsumsi oleh penderita maag maupun orang normal karena kaya akan mineral dan trace-elements yang kita butuhkan. Madu tidak spesifik untuk sakit maag.

Pantangan bagi penderita maag, untuk makanan: HINDARI untuk selamanya tape, asam, pedas, santan, gorengan, durian, nanas, nangka dan semua jenis makanan bertekstur kasar. Jenis minuman yang harus dihindari: alkohol, soft drink.
Hindari jus jambu biji (guava) bagi penderita maag. Jus ini kaya vitamin C yang bersifat asam, sehingga menambah keasaman lambung.
Kunyit dan temulawak tidak bermanfaat untuk penderita maag, karena sifatnya yang mengaktifkan gerakan pencernaan, jadi memicu sekresi asam lambung.
Untuk penderita maag, HINDARI makanan dan minuman dingin.
Obat-obat untuk radang lambung (gastritis), biasanya hanya berefek sesaat/sementara.
Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.


Sumber: Konsultan Kesehatan Netsains.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Friends

Followers

Fave This

Tips Dan Trik Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts